Keutamaaan Waktu Pagi

Minggu, Januari 11, 2009 Edit This 0 Comments »
: Sebuah nasehat tentang keutamaan waktu pagi yang semoga bisa menjadi penyemangat bagi kita untuk memulai hari dan mendapat barokah amal dari-Nya ::


Manfaatkanlah Waktu Pagi

Disusun oleh : Muhammad Abduh Tuasikal, ST1

Dimuroja'ah oleh : Ustadz Aris Munandar, SS


Di suatu masjid seperti biasa selepas shalat shubuh, seorang pemuda duduk di masjid sambil menunggu matahari terbit. Dia bukan hanya sekedar duduk santai ketika itu, tetapi dia membuka beberapa lembaran Al Qur'an yang telah dihafalnya dan dia mengulang-ulang untuk menguatkan dalam hatinya. Setelah itu, dia tidak lupa berdzikir dengan bacaan dzikir yang telah dituntunkan oleh Nabi shallallahu `alaihi wa sallam ketika pagi. Namun, ada suatu kondisi yang berkebalikan. Di belakang dia terdapat seorang pemuda juga yang sebaya dengannya. Ketika sehabis shalat shubuh dan membaca dzikir setelah shalat, pemuda yang kedua ini malah mengambil tempat di belakang. Sambil bersandar di dinding dan akhirnya perlahan-lahan kepalanya tertunduk kemudian tertidur pulas hingga matahari terbit.

Inilah sebagian kondisi kaum muslimin saat ini. Sehabis shalat shubuh di masjid, sebagian di antara kita ada yang memanfaatkan waktu pagi karena dia mengetahui keutamaan di dalamnya. Ada pula yang tertidur pulas karena telah dipengaruhi rayuan setan dan tidak mampu mengalahkannya.

Perlu kita ketahui bersama bahwa waktu pagi adalah waktu yang sangat utama dan penuh berkah. Tulisan berikut akan sedikit mengupas mengenai keutamaan waktu pagi dan bagaimana memanfaatkannya. Semoga Allah selalu memberi kita taufik untuk mengamalkan setiap ilmu yang telah kita peroleh.


SAUDARAKU, KETAHUILAH KEUTAMAAN WAKTU PAGI

[Pertama] Waktu Pagi adalah Waktu yang Penuh Berkah

Waktu yang berkah adalah waktu yang penuh kebaikan. Waktu pagi telah dido'akan khusus oleh Nabi shallallahu `alaihi wa sallam sebagai waktu yang berkah.

Dari sahabat Shokhr Al Ghomidiy, Nabi shallallahu `alaihi wa sallam bersabda,

"Ya Allah, berkahilah umatku di waktu paginya."

Apabila Nabi shallallahu mengirim peleton pasukan, beliau shallallahu `alaihi wa sallam mengirimnya pada pagi hari. Sahabat Shokhr sendiri (yang meriwayatkan hadits ini, pen) adalah seorang pedagang. Dia biasa membawa barang dagangannya ketika pagi hari. Karena hal itu dia menjadi kaya dan banyak harta. Abu Daud mengatakan bahwa dia adalah Shokhr bin Wada'ah. (HR. Abu Daud no. 2606. Hadits ini dishohihkan oleh Syaikh Al Albani dalam Shohih wa Dho'if Sunan Abi Daud)

Ibnu Baththol mengatakan, "Hadits ini tidak menunjukkan bahwa selain waktu pagi adalah waktu yang tidak diberkahi. Sesuatu yang dilakukan Nabi shallallahu `alaihi wa sallam (pada waktu tertentu) adalah waktu yang berkah dan beliau shallallahu `alaihi wa sallam adalah sebaik-baik uswah (suri teladan) bagi umatnya. Adapun Nabi shallallahu `alaihi wa sallam mengkhususkan waktu pagi dengan mendo'akan keberkahan pada waktu tersebut daripada waktu-waktu yang lainnya karena pada waktu pagi tersebut adalah waktu yang biasa digunakan manusia untuk memulai amal (aktivitas). Waktu tersebut adalah waktu bersemangat (fit) untuk beraktivitas. Oleh karena itu, Nabi shallallahu `alaihi wa sallam mengkhususkan do'a pada waktu tersebut agar seluruh umatnya mendapatkan berkah di dalamnya." (Syarhul Bukhari Libni Baththol, 9/163, Maktabah Syamilah)

[Pertama] Waktu Pagi adalah Waktu Semangat Untuk Beramal

Dalam Shohih Bukhari terdapat suatu riwayat dari sahabat Abu Hurairah dari Nabi shallallahu `alaihi wa sallam. Beliau shallallahu' alaihi wa sallam bersabda,

"Sesungguhnya agama itu mudah. Tidak ada seorangpun yang membebani dirinya di luar kemampuannya kecuali dia akan dikalahkan. Hendaklah kalian melakukan amal dengan sempurna (tanpa berlebihan dan menganggap remeh). Jika tidak mampu berbuat yang sempurna (ideal) maka lakukanlah yang mendekatinya. Perhatikanlah ada pahala di balik amal yang selalu kontinu. Lakukanlah ibadah (secara kontinu) di waktu pagi dan waktu setelah matahari tergelincir serta beberapa waktu di akhir malam." (HR. Bukhari no. 39. Lihat penjelasan hadits ini di Fathul Bari)

Yang dimaksud `al ghodwah' dalam hadits ini adalah perjalanan di awal siang. Al Jauhari mengatakan bahwa yang dimaksud `al ghodwah' adalah waktu antara shalat fajar hingga terbitnya matahari. (Lihat Fathul Bari 1/62, Maktabah Syamilah)

Inilah tiga waktu yang dikatakan oleh Ibnu Hajar dalam Fathul Bari sebagai waktu semangat (fit) untuk beramal.

Syaikh Abdurrahmanbin bin Nashir As Sa'di mengatakan bahwa inilah tiga waktu utama untuk melakukan safar (perjalanan) yaitu perjalanan fisik baik jauh ataupun dekat. Juga untuk melakukan perjalanan ukhrowi (untuk melakukan amalan akhirat). (Lihat Bahjah Qulubil Abror, hal. 67, Maktbah `Abdul Mushowir Muhammad Abdullah)


BAGAIMANA KEBIASAAN ORANG SHOLIH DI PAGI HARI?

[1] Kebiasaan Nabi shallallahu `alaihi wa sallam

An Nawawi dalam Shohih Muslim membawakan bab dengan judul `Keutamaan tidak beranjak dari tempat shalat setelah shalat shubuh dan keutamaan masjid'. Dalam bab tersebut terdapat suatu riwayat dari seorang tabi'in –Simak bin Harb-. Beliau rahimahullah mengatakan bahwa dia bertanya kepada Jabir bin Samuroh,

"Apakah engkau sering menemani Rasulullah shallallahu `alaihi wa sallam duduk?"

Jabir menjawab,

"Iya. Beliau shallallahu `alaihi wa sallam biasanya tidak beranjak dari tempat duduknya setelah shalat shubuh hingga terbit matahari. Apabila matahari terbit, beliau shallallahu `alaihi wa sallam berdiri (meninggalkan tempat shalat). Dulu para sahabat biasa berbincang-bincang (guyon) mengenai perkara jahiliyah, lalu mereka tertawa. Sedangkan beliau shallallahu `alaihi wa sallam hanya tersenyum saja." (HR. Muslim no. 670)

An Nawawi mengatakan, "Dalam hadits ini terdapat anjuran berdzikir setelah shubuh dan mengontinukan duduk di tempat shalat jika tidak memiliki udzur (halangan).

Al Qadhi mengatakan bahwa inilah sunnah yang biasa dilakukan oleh salaf dan para ulama. Mereka biasa memanfaatkan waktu tersebut untuk berdzikir dan berdo'a hingga terbit matahari." (Syarh An Nawawi `ala Muslim, 8/29, Maktabah Syamilah)

[2] Kebiasaan Ibnu Mas'ud radhiyallahu `anhu

Dari Abu Wa'il, dia berkata, "Pada suatu pagi kami mendatangi Abdullah bin Mas'ud selepas kami melaksanakan shalat shubuh. Kemudian kami mengucapkan salam di depan pintu. Lalu kami diizinkan untuk masuk. Akan tetapi kami berhenti sejenak di depan pintu. Lalu keluarlah budaknya sembari berkata, "Mari silakan masuk." Kemudian kami masuk sedangkan Ibnu Mas'ud sedang duduk sambil berdzikir.

Ibnu Mas'ud lantas berkata, "Apa yang menghalangi kalian padahal aku telah mengizinkan kalian untuk masuk?"

Lalu kami menjawab, "Tidak, kami mengira bahwa sebagian anggota keluargamu sedang tidur."

Ibnu Mas'ud lantas bekata, "Apakah kalian mengira bahwa keluargaku telah lalai?"

Kemudian Ibnu Mas'ud kembali berdzikir hingga dia mengira bahwa matahari telah terbit. Lantas beliau memanggil budaknya, "Wahai budakku, lihatlah apakah matahari telah terbit." Si budak tadi kemudian melihat ke luar. Jika matahari belum terbit, beliau kembali melanjutkan dzikirnya. Hingga beliau mengira lagi bahwa matahari telah terbit, beliau kembali memanggil budaknya sembari berkata, "Lihatlah apakah matahari telah terbit." Kemudian budak tadi melihat ke luar. Jika matahari telah terbit, beliau mengatakan,

"Segala puji bagi Allah yang telah menolong kami berdzikir pada pagi hari ini." (HR. Muslim no. 822)

[3] Keadaan Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah di Pagi Hari

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah adalah orang yang gemar beribadah dan bukanlah orang yang kelihatan bengis sebagaimana anggapan sebagian orang. Kita dapat melihat aktivitas beliau di pagi hari sebagaimana dikisahkan oleh muridnya –Ibnu Qayyim Al Jauziyah.-

Ketika menjelaskan faedah dzikir bahwa dzikir dapat menguatkan hati dan ruh, Ibnul Qayim mengatakan, "Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah suatu saat shalat shubuh. Kemudian (setelah shalat shubuh) beliau duduk sambil berdzikir kepada Allah Ta'ala hingga pertengahan siang. Kemudian berpaling padaku dan berkata, `Ini adalah kebiasaanku di pagi hari. Jika aku tidak berdzikir seperti ini, hilanglah kekuatanku' –atau perkataan beliau yang semisal ini-." (Al Wabilush Shoyib min Kalamith Thoyib, hal.63, Maktabah Syamilah)



KEBIASAAN BURUK TIDUR DI PAGI HARI

Kita telah ketahui bersama bahwa waktu pagi adalah waktu yang penuh berkah dan di antara waktu yang kita diperintahkan untuk memanfaatkannya. Akan tetapi, pada kenyataannya kita banyak melihat orang-orang melalaikan waktu yang mulia ini. Waktu yang seharusnya dipergunakan untuk bekerja, melakukan ketaatan dan beribadah, ternyata dipergunakaan untuk tidur dan bermalas-malasan.

Saudaraku, ingatlah bahwa orang-orang sholih terdahulu sangat membenci tidur pagi. Kita dapat melihat ini dari penuturan Ibnul Qayyim ketika menjelaskan masalah banyak tidur yaitu bahwa banyak tidur dapat mematikan hati dan membuat badan merasa malas serta membuang-buang waktu. Beliau rahimahullah mengatakan,

"Banyak tidur dapat mengakibatkan lalai dan malas-malasan. Banyak tidur ada yang termasuk dilarang dan ada pula yang dapat menimbulkan bahaya bagi badan.

Waktu tidur yang paling bermanfaat yaitu :

[1] tidur ketika sangat butuh,

[2] tidur di awal malam –ini lebih manfaat daripada tidur di akhir malam-,

[3] tidur di pertengahan siang –ini lebih bermanfaat daripada tidur di waktu pagi dan sore-. Apalagi di waktu pagi dan sore sangat sedikit sekali manfaatnya bahkan lebih banyak bahaya yang ditimbulkan, lebih-lebih lagi tidur di waktu `Ashar dan awal pagi kecuali jika memang tidak tidur semalaman.

Menurut para salaf, tidur yang terlarang adalah tidur ketika selesai shalat shubuh hingga matahari terbit. Karena pada waktu tersebut adalah waktu untuk menuai ghonimah (pahala yang berlimpah). Mengisi waktu tersebut adalah keutamaan yang sangat besar, menurut orang-orang sholih. Sehingga apabila mereka melakukan perjalanan semalam suntuk, mereka tidak mau tidur di waktu tersebut hingga terbit matahari. Mereka melakukan demikian karena waktu pagi adalah waktu terbukanya pintu rizki dan datangnya barokah (banyak kebaikan)." (Madarijus Salikin, 1/459, Maktabah Syamilah)

BAHAYA TIDUR PAGI2

[Pertama] Tidak sesuai dengan petunjuk Al Qur'an dan As Sunnah.

[Kedua] Bukan termasuk akhlak dan kebiasaan para salafush sholih (generasi terbaik umat ini), bahkan merupakan perbuatan yang dibenci.

[Ketiga] Tidak mendapatkan barokah di dalam waktu dan amalannya.

[Keempat] Menyebabkan malas dan tidak bersemangat di sisa harinya.

Maksud dari hal ini dapat dilihat dari perkataan Ibnul Qayyim. Beliau rahimahullah berkata, "Pagi hari bagi seseorang itu seperti waktu muda dan akhir harinya seperti waktu tuanya." (Miftah Daris Sa'adah, 2/216). Amalan seseorang di waktu muda berpengaruh terhadap amalannya di waktu tua. Jadi jika seseorang di awal pagi sudah malas-malasan dengan sering tidur, maka di sore harinya dia juga akan malas-malasan pula.

[Kelima] Menghambat datangnya rizki.

Ibnul Qayyim berkata, "Empat hal yang menghambat datangnya rizki adalah [1] tidur di waktu pagi, [2] sedikit sholat, [3] malas-malasan dan [4] berkhianat." (Zaadul Ma'ad, 4/378)

[Keenam] Menyebabkan berbagai penyakit badan, di antaranya adalah melemahkan syahwat. (Zaadul Ma'ad, 4/222)



SEBAB-SEBAB TIDUR PAGI DAN SOLUSINYA

[1] Tidak shalat malam

Tidak shalat malam dapat menyebabkan malas di pagi harinya. Cara mengatasi hal ini adalah dengan mengerjakan sholat malam karena dengan melakukan hal tersebut akan terlepaslah ikatan-ikatan setan.

Nabi shallallahu `alaihi wa sallam bersabda,

"Setan memiliki tiga ikatan di tengkuk (leher bagian belakang) salah seorang dari kalian ketika tidur. Di setiap ikatan setan akan mengatakan, "Malam masih panjang, tidurlah!". Jika dia bangun lalu berdzikir pada Allah, lepaslah satu ikatan. Kemudian jika dia berwudhu, lepas lagi satu ikatan. Kemudian jika dia mengerjakan sholat, lepaslah ikatan terakhir. Di pagi hari dia akan bersemangat dan bergembira. Jika tidak melakukan seperti ini, dia tidak ceria dan menjadi malas." (HR. Bukhari no. 1142 dan Muslim no. 776)

Benar pula perkataan seorang tabi'in bahwa dengan mengerjakan shalat malam, wajah akan menjadi berseri di pagi hari. Yaitu seorang ulama hadits dari Kufah, Syarik An Nakho'i bin `Abdillah, ketika mendiktekan hadits kepada murid-muridnya, di sela-sela mendikte, beliau mengatakan kepada seorang muridnya –yaitu Tsabit bin Musa Az Zahid-,

"Barangsiapa banyak mengerjakan shalat di malam hari, wajahnya akan berseri di pagi harinya." (HR. Ibnu Majah no. 1333. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini dho'if dalam Shohih wa Dho'if Sunan Ibnu Majah)

Tsabit bin Musa menyangka bahwa ini adalah hadits Nabi shallallahu `alaihi wa sallam. Padahal ini hanyalah perkataan gurunya, Syarik karena melihat kezuhudan dan kewaro'an yang ada padanya. (Lihat Taysir Mushtholahul Hadits, hal. 86, Darul Fikr dan Laysa Min Qoulin Nabi shallallahu `alaihi wa sallam, hal. 89, Maktabah Awladu Syaikh)

Juga disebutkan dalam sebuah hadits bahwa orang yang tidak shalat malam berarti telah dikencingi oleh setan.

Dari Abu Wa'il, dari Abdullah, beliau berkata, "Ada yang mengatakan kepada Rasulullah shallallahu `alaihi wa sallam bahwa terdapat seseorang yang tidur malam hingga shubuh (maksudnya tidak bangun malam, pen). Beliau shallallahu `alaihi wa sallam lantas mengatakan,

"Demikianlah setan telah mengincingi telinganya." (HR. An Nasa'i no. 1609 dan Ibnu Majah no. 1330. Syaikh Al Albani dalam Shohih At Targib wa At Tarhib no. 640 mengatakan bahwa hadits ini shohih)

Keutamaan shalat malam yang lainnya adalah :

[-] Sebaik-baik shalat setelah shalat wajib

Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu `alaihi wa sallam bersabda,

"Sebaik-baik puasa setelah puasa Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah –Muharram-. Sebaik-baik shalat setelah shalat wajib adalah shalat malam." (HR. Muslim no. 1163)

An Nawawi dalam Syarh Muslim mengatakan, "Ini adalah dalil dari kesepakatan ulama bahwa shalat sunnah di malam hari lebih baik dari shalat sunnah di siang hari. Ini juga adalah argumen bagi ulama Syafi'iyah (yang satu madzhab dengan kami) yaitu Abu Ishaq Al Maruzi, bahwa shalat malam lebih baik dari shalat sunnah rawatib. Sebagian ulama Syafi'iyah yang lain berpendapat bahwa shalat sunnah rawatib lebih afdhol (lebih utama) dari shalat malam karena kemiripannya dengan shalat wajib. Namun pendapat pertama tetap lebih kuat dan sesuai dengan hadits. Wallahu a'lam.

[-] Masuk Surga dan Selamat dari Adzab

Dari Abdullah bin Salam radhiyallahu `anhu, Rasulullah shallallahu `alaihi wa sallam bersabda,

"Wahai manusia! Sebarkanlah salam, jalinlah tali silturahmi (dengan kerabat), berilah makan (kepada istri dan kepada orang miskin), shalatlah di waktu malam sedangkan manusia yang lain sedang tidur, maka masuklah ke dalam surga dengan penuh keselamatan." (HR. Tirmidzi no. 2485 dan Ibnu Majah no. 1334. Syaikh Al Albani dalam As Silsilah Ash Shohihah no. 569 mengatakan bahwa hadits ini shohih)

Barangsiapa yang melakukan amalan sholih (sebagaimana yang disebutkan dalam hadits ini), maka Allah akan memberikan taufik kepadanya untuk meninggalkan perkara-perkara yang dilarang, untuk mengerjakan berbagai ketaatan yang lain serta akan memasukkannya ke dalam surga dalam keadaan selamat dari adzab Allah Ta'ala. (Lihat Tawdhihul Ahkam min Bulughil Marom, 4/807, Darul Atsar)

[-] Akan Dicatat Sebagai Orang yang Berdzikir kepada Allah

Dari Abu Sa'id dan Abu Hurairah, Rasulullah shallalahu `alaihi wa sallam bersabda,

"Apabila seseorang bangun di waktu malam, lalu dia membangunkan istrinya, kemudian keduanya mengerjakan shalat dua raka'at, maka keduanya akan dicatat sebagai pria dan wanita yang selalu berdzikir pada Allah." (HR. Ibnu Majah no. 1335. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shohih)

Inilah keutamaan pasangan suami istri, salah satunya membangunkan yang lain ketika hendak shalat malam. Dari Abu Hurairah juga, Rasulullah shallallahu `alaihi wa sallam bersabda,

"Semoga Allah merahmati seorang pria yang bangun malam kemudian dia shalat dan membangunkan istrinya juga untuk shalat. Jika istrinya enggan bangun, dia memerciki air ke wajah istrinya. Semoga Allah juga merahmati seorang wanita yang bangun malam kemudian dia shalat dan membangunkan suaminya juga untuk shalat. Jika suaminya enggan bangun, dia memerciki air di wajah suaminya." (HR. Abu Daud no. 1308, An Nasa'i no. 1610, dan Ibnu Majah no. 1336. Syaikh Al Albani dalam Shohih wa Dho'if At Targib wa At Tarhib no. 625 mengatakan bahwa hadits ini hasan).

Tidakkah kita ingin mendapatkan keutamaan seperti ini?! Begitu mesranya kedua pasangan ini di tengah banyak orang yang terlelap tidur.

Janganlah kita lewatkan malam begitu saja. Hendaknya kita kerjakan shalat malam walaupun sedikit dan tetaplah kontinu dalam melakukan amalan tersebut. Nabi shallallahu `alaihi wa sallam menganggap jelek orang yang dulu mengerjakan shalat malam (seperti ketika bulan Ramadhan rajin mengerjakan shalat tarawih), namun beberapa waktu kemudian dia meninggalkan amalan tersebut.

Dari `Abdullah bin `Amr bin Al `Ash radhiyallahu `anhuma, Rasulullah shallallahu `alaihi wa sallam berkata padaku,

"Wahai `Abdullah, janganlah engkau seperti si A. Dulu dia biasa mengerjakan shalat malam, lalu dia meninggalkannya." (HR. Bukhari no. 1152)


[a] Sering begadang

Begadang bisa menyebabkan lelah dan ngantuk di pagi harinya.

Cara mengatasinya adalah dengan tidur di awal malam.

Dari Abu Ishaq, beliau berkata bahwa beliau menanyakan kepada Al Aswad bin Yazid tentang perkataan `Aisyah mengenai shalat malam Rasulullah shallallahu `alaihi wa sallam. `Aisyah berkata,


"Rasulullah shallallahu `alaihi wa sallam biasa tidur di awal malam dan beliau menghidupkan akhir malam (dengan shalat). Jika beliau memiliki hajat (baca : hubungan badan dengan istrinya), beliau menunaikan hajat tersebut kemudian beliau tidur. Pada adzan shubuh pertama, beliau shallallahu `alaihi wa sallam duduk (`Aisyah tidak mengatakan bahwa beliau bangun). Kemudian beliau shallallahu `alaihi wa sallam menuangkan air (`Aisyah tidak mengatakan bahwa beliau mandi, dan aku mengetahui apa yang `Aisyah maksudkan). Jika beliau shallallahu `alaihi wa sallam tidak dalam keadaan junub, beliau berwudhu seperti wudhu seseorang yang hendak shalat. Kemudian beliau shalat dua raka'at." (HR. Muslim no. 739)

Diriwayatkan dari Abi Barzah, beliau berkata,

"Rasulullah shallallahu `alaihi wa sallam membenci tidur sebelum shalat Isya' dan ngobrol-ngobrol setelahnya." (HR. Bukhari no. 568)


[b] Terpengaruh dengan teman yang punya kebiasaan tidur pagi.

Ingatlah karena dekat dengan teman atau tetangga yang sering malas-malasan, kita juga bisa terpengaruh.

Cara mengatasi hal ini adalah dengan memilih teman yang rajin, yang selalu menjaga waktunya di pagi hari, sehingga kita bisa tertular kerajinannya.


[c] Kebiasaan.

Ini juga adalah sebab orang sering tidur pagi karena kesehariannya memang seperti ini. Selepas shalat shubuh, kebiasaannya adalah menghampiri kasur, mengambil selimut dan bantal, sehingga pulas tidur hingga matahari meninggi lalu beranjak kerja atau kuliah. Orang yang punya kebiasaan seperti ini telah hilang keberkahan dari dirinya di waktu pagi.

Cara mengatasinya dengan bersungguh-sungguh menghilangkan kebiasaan buruk tersebut dan senantiasa dibarengi dengan meminta tolong pada Allah. Allah Ta'ala berfirman,

"Dan orang-orang yang bersungguh-sungguh di dalam jalan Kami, maka sungguh akan Kami tunjukkan mereka jalan-jalan Kami. Dan sesungguhnya Allah benar-benar beserta orang-orang yang berbuat baik." (QS. Al 'Ankabut [29) : 69)

MENGISI WAKTU PAGI


Saudaraku, kita tentu lebih banyak membutuhkan waktu yang berkah daripada waktu yang sia-sia, yang berlalu dengan hanya menikmati tidur di pagi hari. Oleh karena itu, isilah waktu pagimu dengan melakukan amalan berikut ini. Semoga Allah senantiasa memberikan kita taufik dan keistiqomahan untuk melaksanakannya.

[1] Membaca Al Qur'an dan memahami maknanya

Saudaraku, isilah waktu pagimu dengan membaca Al Qur'an. Ingatlah bahwa Al Qur'an nanti bisa memberi syafa'at bagi kita di hari yang penuh kesulitan pada hari kiamat kelak.

Dari Abu Umamah Al Bahiliy, (beliau berkata), "Aku mendengar Rasulullah shallallahu `alaihi wa sallam bersabda,

"Bacalah Al Qur'an karena Al Qur'an akan datang pada hari kiamat nanti sebagai syafi' (pemberi syafa'at) bagi yang membacanya. Bacalah Az Zahrowain (dua surat cahaya) yaitu surat Al Baqarah dan Ali Imran karena keduanya datang pada hari kiamat nanti seperti dua awan3 atau seperti dua cahaya sinar matahari4 atau seperti dua ekor burung yang membentangkan sayapnya (bersambung satu dengan yang lainnya)5, keduanya akan menjadi pembela bagi yang rajin membaca dua surat tersebut. Bacalah pula surat Al Baqarah. Mengambil surat tersebut adalah suatu keberkahan dan meninggalkannya akan mendapat penyesalan. Para tukang sihir tidak mungkin menghafalnya.6" (HR. Muslim no. 19107)

Lebih baik lagi selain membaca kita dapat memahami makna/tafsirnya melalui kitab-kitab tafsir seperti tafsir Ibnu Katsir. Keutamaan memahami tafsir Al Qur'an dapat dilihat pada hadits berikut ini.

Dari Abu Musa Al Asy'ariy, Rasulullah shallallahu `alaihi wa sallam bersabda

"Permisalan orang yang membaca Al Qur'an dan mengamalkannya adalah bagaikan buah utrujah, rasa dan baunya enak. Orang mukmin yang tidak membaca Al Qur'an dan mengamalkannya adalah bagaikan buah kurma, rasanya enak namun tidak beraroma. Orang munafik yang membaca Al Qur'an adalah bagaikan royhanah, baunya menyenangkan namun rasanya pahit. Dan orang munafik yang tidak membaca Al Qur'an bagaikan hanzholah, rasa dan baunya pahit dan tidak enak." (HR. Bukhari no. 5059)

[2] Mengulang hafalan Al Qur'an

Bagi yang memiliki hafalan Al Qur'an juga dapat mengisi waktu paginya dengan mengulangi hafalan karena waktu pagi adalah waktu terbaik untuk menghafal dibanding dengan waktu siang yang penuh dengan kesibukan. Di antara keutamaan menghafal Al Qur'an terdapat dalam hadits berikut.

Dari Abdullah bin `Amr, Rasulullah shallallahu `alaihi wa sallam bersabda,

"Dikatakan kepada orang yang membaca (menghafalkan) Al Qur'an nanti : `Bacalah dan naiklah serta tartillah sebagaimana engkau di dunia mentartilnya. Karena kedudukanmu adalah pada akhir ayat yang engkau baca (hafal)." (HR. Abu Daud no. 1464 dan Tirmidzi no. 2914. Syaikh Al Albani dalam As Silsilah Ash Shohihah no. 2240 mengatakan bahwa hadits ini shohih)

Yang dimaksudkan dengan `membaca' dalam hadits ini adalah menghafalkan Al Qur'an. Perhatikanlah perkataan Syaikh Al Albani berikut dalam As Silsilah Ash Shohihah no. 2440.

"Ketahuilah bahwa yang dimaksudkan dengan shohibul qur'an (orang yang membaca Al Qur'an) di sini adalah orang yang menghafalkannya dari hati sanubari. Sebagaimana hal ini ditafsirkan berdasarkan sabda beliau shallallahu `alaihi wa sallam yang lain, `Suatu kaum akan dipimpin oleh orang yang paling menghafal Kitabullah (Al Qur'an).'

Kedudukan yang bertingkat-tingkat di surga nanti tergantung dari banyaknya hafalan seseorang di dunia dan bukan tergantung pada banyak bacaannya saat ini, sebagaimana hal ini banyak disalahpahami banyak orang. Inilah keutamaan yang nampak bagi seorang yang menghafalkan Al Qur'an, namun dengan syarat hal ini dilakukan untuk mengharap wajah Allah semata dan bukan untuk mengharapkan dunia, dirham dan dinar. Ingatlah, Nabi shallallahu `alaihi wa sallam telah bersabda,

"Kebanyakan orang munafik di tengah-tengah umatku adalah qurro'uha (yang menghafalkan Al Qur'an dengan niat yang jelek)." (HR. Ahmad, sanadnya hasan sebagaimana dikatakan oleh Syaikh Syu'aib Al Arnauth)." [Makna qurro'uha di sini adalah salah satu makna yang disebutkan oleh Al Manawi dalam Faidhul Qodir Syarh Al Jami' Ash Shogir, 2/102 (Maktabah Syamilah)]

Bagi yang sudah memiliki banyak hafalan, ikatlah hafalan tersebut dengan banyak mengulanginya. Dari Abdullah bin `Umar, Rasulullah shallallahu `alaihi wa sallam bersabda,

"Sesungguhnya orang yang menghafalkan Al Qur'an adalah bagaikan unta yang diikat. Jika diikat, unta itu tidak akan lari. Dan apabila dibiarkan tanpa diikat, maka dia akan pergi." (HR. Bukhari no. 5031 dan Muslim no. 789).

Dalam riwayat Muslim yang lain terdapat tambahan,

"Apabila orang yang menghafal Al Qur'an membacanya di waktu malam dan siang hari, dia akan mengingatnya. Namun jika dia tidak melakukan demikian, maka dia akan lupa." (HR. Muslim no. 789)

Al Faqih Syaikh Muhammad bin Sholih Al Utsaimin memiliki kebiasaan menghafal Al Qur'an di pagi hari sehingga bisa menguatkan hafalannya. Beliau rahimahullah mengatakan,

"Cara yang paling bagus untuk menghafalkan Al Qur'an -menurutku- adalah jika seseorang pada suatu hari menghafalkan beberapa ayat maka hendaklah dia mengulanginya pada keesokan paginya. Ini lebih akan banyak menolongnya untuk menguasai apa yang telah dia hafalkan di hari sebelumnya. Ini juga adalah kebiasaan yang biasa saya lakukan dan menghasilkan hafalan yang bagus." (Kitabul `Ilmi, hal. 105, Darul Itqon Al Iskandariyah)


[3] Membaca dzikir-dzikir pagi

Waktu pagi juga bisa diisi dengan membaca dzikir-dzikir pagi. Bacaan dzikir di waktu pagi secara lebih lengkap dapat dilihat dalam kitab Hisnul Muslim yang disusun oleh Syaikh Sa'id bin Wahf Al Qohthoni.

Di antara dzikir di pagi hari yang mudah untuk kita baca adalah bacaan istigfar.

Rasulullah shallallahu `alaihi wa sallam bersabda,

"Tidaklah aku berada di pagi hari (antara terbit fajar hingga terbit matahari, pen8) kecuali aku beristigfar pada Allah sebanyak 100 kali." (HR. An Nasa'i. Dishohihkan oleh Syaikh Al Albani dalam Silsilah Ash Shohihah no. 1600)

Dan bacaan istigfar yang paling sempurna adalah sebagaimana yang terdapat dalam shohih Al Bukhari dari Syaddad bin Aus radhiyallahu `anhu, dari Nabi shallallahu `alaihi wa sallam, beliau bersabda, "Penghulu istigfar adalah apabila engkau mengucapkan,

"Ya Allah! Engkau adalah Rabbku, tidak ada Tuhan yang berhak disembah kecuali Engkau. Engkaulah yang menciptakanku. Aku adalah hamba-Mu. Aku akan setia pada perjanjianku dengan-Mu semampuku. Aku berlindung kepada-Mu dari kejelekan yang kuperbuat. Aku mengakui nikmat-Mu kepadaku dan aku mengakui dosaku, oleh karena itu, ampunilah aku. Sesungguhnya tiada yang mengampuni dosa kecuali Engkau." (HR. Bukhari no. 6306)

Faedah dari bacaan ini adalah sebagaimana yang Nabi shallallahu `alaihi wa sallam sabdakan dari lanjutan hadits di atas,

"Barasiapa mengucapkannya pada siang hari dan meyakininya, lalu dia mati pada hari itu sebelum waktu sore, maka dia termasuk penghuni surga. Dan barangsiapa mengucapkannya pada malam hari dalam keadaan meyakininya, lalu dia mati sebelum waktu pagi, maka dia termasuk penghuni surga."

Bacaan sayyidul istigfar ini meliputi makna taubat dan terdapat pula hak-hak keimanan. Di dalam bacaan ini juga terkandung kemurnian ibadah dan kesempurnaan ketundukan serta perasaan sangat butuh kepada Allah. Sehingga bacaan dzikir ini melebihi bacaan istigfar lainnya karena keutamaan yang dimilikinya.

Juga bacaan sederhana yang bisa kita baca adalah dengan membaca surat Al Ikhlas, Al Falaq dan An Naas masing-masing 3x. Rasulullah shallallahu `alaihi wa sallam bersabda,

"Membaca Qul huwallahu ahad (surat Al Ikhlas) dan Al Muwa'idzatain (surat Al Falaq dan An Naas) ketika sore dan pagi hari sebanyak tiga kali akan mencukupkanmu dari segala sesuatu)." (HR. Abu Daud no. 5082. Syaikh Al Albani dalam Shohih wa Dho'if Sunan Abi Daud mengatakan bahwa hadits ini hasan)

Semoga kita termasuk orang yang selalu merutinkannya di setiap pagi dan sore-


[4] Menuntut ilmu agama

Waktu pagi juga bisa kita isi dengan mempelajari ilmu agama. Hal ini bisa kita lakukan dengan menghadiri majelis ilmu atau dengan membaca berbagai kitab para ulama.

Nafi' telah bertanya kepada Ibnu Umar tentang sabda Nabi shallallahu `alaihi wa sallam,

"Ya Allah, berkahilah umatku di waktu paginya."

Ibnu Umar menjawab, "Dalam menuntut ilmu dan shaf pertama." (Atsar ini diriwayatkan oleh Ibnu 'Abdil Barr dalam Al Jami' li Akhlaqir Rawi wa Aadabis Sami', 1 /150 dan As-Sam'aany dalam Adabul Imla' wal Istimla', 1/129)


Semoga kita termasuk orang-orang yang mengisi waktu pagi dengan hal-hal yang bermanfaat.

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi kaum muslimin. Semoga Allah selalu memberikan ilmu yang bermanfaat, rizki yang thoyib, dan menjadikan amalan kita diterima di sisi-Nya. Innahu sami'un qoriibum mujibud da'awaat. Alhamdulillahilladz i bi ni'matihi tatimmush sholihaat, wa shallallahu `ala nabiyyina Muhammad wa `ala alihi wa shohbihi wa sallam.



0 komentar: